RSS

Laman

semua ilmu yang ada di sini boleh disalin-tempel (copy paste), asal ditulis sumbernya, ya kawan... terima kasih... :)

Tren Hospitality dalam Dunia Bisnis


Hospitality dari makna bahasanya diartikan keramahtamahan. Kata ini dalam konteks perusahaan dan konsumen atau pelanggan diterjemahkan sebagai bentuk pelayanan. Industri Hospitality adalah industri yang bertumpu pada guest service. Oleh karena itu, dalam aktivitas marketing-nya, industri ini lebih mengandalkan pada kualitas pelayanan serta pemasaran lini bawah yang didukung oleh program Customer Relationship Management (CRM) dan kegiatan Public Relation (PR). 
Khalayak memahami bahwa industri hospitality lebih terkait dengan sektor pendukung pariwisata seperti hotel, resor, spa, restoran, dan penerbangan.
Menurut pengamat marketing, Godo Tjahjono, pelaku bisnis hospitality juga harus memahami guest behavior sebagai acuan untuk desain aktivitas marketing yang akan dijalankan. Hal ini karena hospitality sebenarnya bertumpu pada guest service, lebih tepatnya individual guest service. Memahami guest behavior bukan berarti sekadar memahami kebutuhan tamu yang datang, tapi justru tamu yang belum atau akan datang.
10 Tren Marketing dalam Industri Hospitality

1. Transumers
Perilaku konsumen semakin berubah, mereka semakin tidak mau terikat pada hal-hal yang itu-itu saja. Mereka akan selalu berfokus pada pengalamann yang baru. Inilah era transumers, ketika konsumen akan selalu melakukan discovery untuk mengatasi sifat mereka yang cepat bosan.
2. New channel of distribution
Saluran distribusi unggul adalah saluran yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen seperti internet yang kemungkinan akan mendominasi cara konsumen melaklukan reservasi dan booking. Diperkirakan pertumbuhan reservasi online di dunia akan tumbuh sekitar 25 persen setahun.
3. Social Media
Kebanyakan pemain dalam industri hospitality memanfaatkan viral dan word of mouth di mana social media menjadi salah satu andalannya.
4. Consumer demanding
Konsumen Indonesia akan semakin mengerti bahwa sekarang ini adalah era pelayanan. Akibatnya, ekspektasi konsumen terhadap pelayanan juga semakin tinggi.
(Sumber : Majalah Marketing, Oktober 2010)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Taruh kode widget disini
Taruh kode widget disini